Amerika Serikat rugi Rp38 triliun

REPORTED BY: Insan Praditya

Amerika Serikat rugi Rp38 triliun Presiden AS, Donald Trump

Kelompok anti-tarif perdagangan Amerika Serikat (AS) “Tariffs Hurt the Heartland” menunjukkan data bahwa AS dirugikan sebesar 2,7 miliar Dolar AS aau sekitar Rp38 triliun\ untuk tarif pada November tahun lalu. Data itu bagian dari seri bulanan disebut Pelacak Tarif yang dirilis kelompok itu bersama The Trade Partnership, firma konsultan ekonomi dan perdagangan internasional yang berbasis di Washington.

Data impor bulanan itu dikalkulasi menggunakan data dari Biro Sensus AS dan data ekspor bulanan yang disusun dari Biro Sensus dan Departemen Pertanian AS. Jumlah pada November itu merupakan data terbaru pemerintah yang bisa diperoleh karena terjadi penutupan pemerintahan AS baru-baru ini.

Juru bicara kelompok bisnis itu, mantan anggota Kongres dari Partai Republik Charles Boustany menjelaskan, data itu menunjukkan perusahaan AS dan bukan pesaing asing yang mengalami kerugian terbesar akibat perang dagang.

“Bisnis AS terpukul oleh dua kali kenaikan pajak dalam bentuk tarif dan penurunan ekspor karena para petani dan manufaktur kehilangan peluang di pasar luar negeri yang menjadi tujuan mereka,” kata Boustany dilansir Reuters.

Kelompok itu juga menjelaskan, tarif balasan telah memengaruhi ekspor AS. Pada November, ekspor produk-produk AS yang menjadi target tarif balasan mengalami penurunan hingga 4,1 miliar Dolar AS atau 37% dari tahun sebelumnya.

Wakil presiden perdagangan internasional di Asosiasi Pemimpin Industri Retail Hun Quach menyatakan, kenaikan tarif pada ribuan produk konsumen akan menyebabkan gangguan besar pada para retailer yang mengalami kondisi tak pasti.

Tarif AS untuk produk impor senilai 200 miliar Dolar AS dari China dijadwalkan naik menjadi 25% dari 10% jika kedua pihak gagal mencapai kesepakatan pada batas waktu 1 Maret. Pada Rabu (13/02/2019), Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin menjelaskan kepada para jurnalis di Beijing bahwa perundingan antara kedua pihak berjalan baik.

Perundingan antara AS dan China kali ini memasuki level lebih tinggi dengan pertemuan tingkat menteri. Mnuchin dijadwalkan mengikuti perundingan sepanjang hari ini, setelah tiga hari pertemuan level deputi untuk membahas rincian teknis termasuk mekanisme menerapkan kesepakatan dagang yang tercapai.

“Ingin berdiskusi hari ini,” kata Mnuchin tanpa memberi penjelasan lebih rinci saat meninggalkan hotelnya.

Mnuchin dan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer membuka pertemuan dengan Wakil Perdana Menteri (PM) China Liu He di istana tamu negara Diaoyutai. Liu He merupakan penasihat ekonomi Presiden China Xi Jinping.

Juru Bicara Gedung Putih Sarah Sanders menjelaskan pada Fox News bahwa Trump memiliki beberapa kemungkinan terkait batas waktu 1 Maret dan kesepakatan akhir tergantung pada pertemuan langsung antara Trump dan Presiden China Xi Jinping. AS akan menaikkan tarif pada produk China jika batas waktu itu terlewati dan tampaknya China akan membalas tindakan itu.

Juru Bicara Kementerian Perdagangan China Gao Feng menyatakan tidak memiliki informasi tentang perkembangan perundingan dagang, tapi akan merilis informasi jika ada kabar terbaru. Trump menyatakan tidak ingin bertemu Xi sebelum 1 Maret, tapi juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders menyebut kemungkinan pertemuan antara kedua pemimpin di resor pribadi Trump di Mar-a-Lago, Florida.

Data perdagangan China yang dirilis kemarin menunjukkan impor dari AS turun 41,2% dibandingkan tahun sebelumnya menjadi 9,24 miliar Dolar AS, jumlah terendah sejak Februari 2016. Ekspor ke AS juga turun 2,4% menjadi 36,54 miliar Dolar AS, jumlah terendah sejak April 2018.

AKsi ambil untung buat IHSG rentan terkoreksi
Fadli Zon nilai ujian nasional tak selesaikan persoalan standardisasi pendidikan
KPU nilai debat ketiga lebih kondusif dibanding debat kedua
Golkar nilai debat cawapres tak seimbang, Ma'ruf Amin jauh lebih menguasai
Kubu Prabowo nilai Ujian Nasional pantas dihapus
Allah lebih memihak perempuan?
Politisi Demokrat desak audit lingkungan di Pulau Wawonii dan Kabaena
Bautista kembali menangi balapan kedua WSBK Thailand
Penjelasan Bank Mandiri soal surat tagihan perusahaan Prabowo
Infrastruktur langit Ma'ruf Amin sempat buat penonton debat tertawa spontan
Bamsoet: Kalau tidak ada UN, kualitas pendidikan akan timpang
Hari ini, IHSG diprediksi terkoreksi wajar
Cara mutusin hubungan dengan baik
DPR RI berhasil dorong isu diskriminasi muslim Ulghur di Parlemen OKI
Usai menangi balapan pertama, Selisih poin Bautista dengan Rea semakin melebar
Fetching news ...